My Favorite

  • Cerpen
  • Iseng-iseng
  • Makalah

Rabu, 29 Desember 2010

“PENGARUH KREDIBILITAS DOSEN TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN MATERI PERKULIAHAN MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI ANGKATAN 2008 FAKULTAS DAKWAH IAIN SURABAYA”

“PENGARUH KREDIBILITAS DOSEN TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN MATERI PERKULIAHAN MAHASISWA PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI ANGKATAN 2008 FAKULTAS DAKWAH IAIN SURABAYA”

A.    LATAR BELAKANG
ü  Keahlian Dosen dalam memberikan materi perkuliahan sangat menentukan tingkat pemahaman mahasiswa
ü  Tingkat kejenuhan mahasiswa meningkat dikala Dosen pengampu materi perkuliahan dianggap tidak kredibel
ü  Perubahan sikap dan perilaku khalayak sasaran komunikasi (mahasiswa) dipengaruhi oleh kredibilitas komunikatornya (dosen)
ü  Kualitas Dosen dalam mengarahkan materi yang diampunya semakin menentukan tingkat pemahaman materi perkuliahan mahasiswa
ü  Tingkat pemahaman mahasiswa tentang materi perkuliahan merupakan salah satu efek dari proses belajar dan mengajar.
Berdasarkan dari uraian di atas, maka penelitian ini berjudul “Pengaruh Kredibilitas Dosen Terhadap Tingkat Pemahaman Materi Perkuliahan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Angkatan 2008. Fakultas Dakwah IAIN Surabaya”

B.     RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan dari uraian di atas, maka yang menjadi rumusan masalah penelitian adalah sebagai berikut :
1.      Apakah ada pengaruh kredibilitas dosen terhadap tingkat pemahaman materi perkuliahan mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi angkatan 2008. Fakultas Dakwah IAIN Surabaya?
2.      Sejauh mana tingkat pengaruh kredibilitas dosen terhadap tingkat pemahaman materi perkuliahan mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi angkatan 2008. Fakultas Dakwah IAIN Surabaya?


C.    TUJUAN PENELITIAN
ü  Untuk mengetahui apakah ada hubungan atau pengaruh kredibilitas dosen terhadap tingkat pemahaman materi perkuliahan mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi angkatan 2008. Fakultas Dakwah IAIN Surabaya
ü  Untuk menjelaskan sejauh mana pengaruh kredibilitas dosen terhadap tingkat pemahaman materi perkuliahan mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi angkatan 2008. Fakultas Dakwah IAIN Surabaya.


D.    MANFAAT PENELITIAN
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kegunaan sebagai berikut :
1.      Manfaat teoritis : Dapat memperkaya khazanah kajian ilmiah di bidang komunikasi interaksional, khususnya yang berkaitan dengan kredibilitas dosen dalam hubungannya dengan efektivitas proses belajar dan mengajar di ruang kuliah.
2.      Manfaat praktis : Dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi para pengambil kebijakan di perguruan tinggi dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi proses belajar dan mengajarnya guna meningkatkan efektivitas proses belajar dan mengajar, terutama dalam mengembangkan kemampuan dan fungsi para dosen dalam melaksanakan kegiatan mengajar di kelas.
E.     KERANGKA TEORITIS
Teori komunikasi Interaksional S. DJUARSA SENDJAJA
Teori ini berpandangan bahwa kehidupan sosial merupakan suatu proses interaksi yang membangun, memelihara serta mengubah kebiasaan-kebiasaan tertentu.

Teori komunikasi kelompok S. DJUARSA SENDJAJA
secara operasional, komunikasi kelompok melibatkan beberapa elemen di dalamnya, yaitu interkasi tatap muka, jumlah anggota, waktu dan tujuan yang akan dicapai.


F.     HIPOTESIS
Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari hipotesis dua arah yaitu : Hipotesis alternative (Ha) dan hipotesis Nol (Ho).
Ha : Adanya pengaruh kredibilitas dosen terhadap tingkat pemahaman materi perkuliahan mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi angkatan 2008 Fakultas Dakwah IAIN Surabaya
Ho : Tidak adanya pengaruh kredibilitas dosen terhadap tingkat pemahaman materi perkuliahan mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi angkatan 2008. Fakultas Dakwah IAIN Surabaya

G.    DEFINISI OPERASIONAL
Kredibilitas komunikator diartikan sebagai seperangkat penilaian komunikan pada keahlian (expertness), sifat-sifat yang dapat dipercaya (trustworthiness), dan daya tarik (attaractiveness) yang dimiliki seorang dosen,
Perilaku komunikan diartikan sebagai tingkat pemahaman mahasiswa pada materi perkuliahan yang disampaikan dosen di ruang kuliah.

H.    METODE PENELITIAN
1.      Pendekatan dan jenis penelitian
Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitianya yaitu korelasi.
2.      Objek penelitian
Objek dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi angkatan 2008, Fakultas Dakwah IAIN Surabaya
3.      Tehnik sampling (populasi dan sample)
Dalam menentukan sample pada penelitian ini di gunakan cara perwakilan dari seluruh mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi angkatan 2008, Fakultas Dakwah Surabaya dengan menggunakan rumus Slovin :
             N
n =
       1 + Ne2
Keterangan :
n : Ukuran Sample
N : Ukuran Populasi
E : Kelonggaran ketidaktelitian karena kesalahan pengambilan sample yang ditolerir
           170                                                170
n =                                              n = 
         1 + 170 . 5  2                                        1 + 170. 0.0025
                      100
                                                                  170
                                                    =   
                                                                  2
                                                      =      85
Prosen kelonggaran atau kesalahan di tentukan sebesar 5%. Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi angkatan 2008, Fakultas Dakwah IAIN Surabaya, jadi jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 85 orang.
4.      Variable dan indicator variable
Variable X
Kredibilitas dosen
ü  Keahlian
ü  Kualitas
ü  Daya tarik dosen.
Variable Y
Tingkat pemahaman mahasiswa terhadap materi perkuliahan
ü  Tingkat kemampuan mahasiswa dalam menyerap materi perkuliahan
ü  Tingkat kejenuhan mahasiswa pada waktu proses belajar mengajar berlangsung
ü  Perubahan sikap dan perilaku mahasiswa setelah menerima materi kuliah
5.      Tehnik pengumpulan data
Dalam metode penelitian ini, peneliti menggunakan tehnik pengumpulan data secara wawancara, dan Quisioner.
6.      Teknik analisis data
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis hubungan untuk mengetahui derajat hubungn di antara variable-variable penelitian. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan maka dilakukan pengujian hipotesis dengan menggunakan tes PRODUCT MOMENT. Rumus ini digunakan untuk mengetahui korelasi antara dua variable interval.

I.       HASIL PENELITIAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar