My Favorite

  • Cerpen
  • Iseng-iseng
  • Makalah

Jumat, 20 Mei 2011

Analisis Iklan Televisi dalam Segmentasi, Targeting, dan Positioning

NIM                : B06208019
Cosma             : VI – PR H1
MK                  : Pengantar Periklanan (UTS)

Analisis Iklan Televisi dalam Segmentasi, Targeting, dan Positioning
Iklan                : Kartu AS (Versi SM*SH)
Analisis           :
1.      Deskrispi Produk
ð  Nama produk                    : Kartu AS
ð  Kategori produk                : SimCard Prabayar
ð  Kegunaan produk                         : Penunjang alat komunikasi
ð  Keunggulan produk          : Sinyal Kuat
ð  Cara pemakaian produk    : Sesuai petunjuk

2.      Segmentasi      : Segmentasi dalam iklan ini bisa dilihat dari empat segi, yaitu :
a.       Geografis : Pemetaan jenis konsumen berdasarkan daerah, pedesaan/perkotaan,
b.      Demografis : Pemetaan jenis konsumen berdasarkan umur, pekerjaan, kewarganegaraan, dan agama
c.       Psikografis : Pemetaan jenis konsumen berdasarkan kelas social, dan tipe personalitas atau gaya hidup
d.      Tingkah laku : Pemetaan jenis konsumen berdasarkan intensitas penggunaan produk.
Segmentasi dalam iklan ini adalah :
ð  Usia                                   : 12 tahun ke atas
ð  Jelis kelamin                      : laki/perempuan
ð  Tingkat pendidikan           : SLTP – Eskekutif
ð  Jenis pekerjaan                  : semua jenis pekerjaan


3.      Targeting
a.       Memilih salah satu atau beberapa jenis pasar yang akan dijadikan konsumen utama
b.      Targeting harus memiliki kespesifikan yang jelas dan tidak boleh meluas (terlalu banyak) atribut tujuan
c.       Pertimbangkan hasil riset lingkungan & kompetitor
Dan pemilihan target dalam iklan ini adalah, sebagai berikut :
ð  Stasiun TV            : Semua stasiun TV
ð  Program                 : Iklan
ð  Hari                       : Setiap hari
ð  Pukul                     : 09.00 – 22.00

4.      Positioning
a.       Implemeting our targeting
b.      Ada dua strategi utama dalam positioning media:
Ø  Head on: berhadap-hadapan dengan mainstream media massa yang ada
Ø  Flangking: menyisir diantara arus besar media massa yang ada
c.       Keputusan positioning media berimplikasi pada manajemen perusahaan dan redaksional.
Dan positioning pada iklan ini adalah :
ð  Citra produk : Pake kartu AS paling murah, nelpon “0” Rupiah dari detik pertama, pagi siang dan malam. Gratis 5000 SMS, facebook dan chatting. Paling murah ya kartu AS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar